Kebenaran Al-Qur’an Tentang Manusia Bersumber dari Tulang Sulbi

Para dokter ilmu kandungan menemukan, bahwa dasar diciptakannya manusia bersumber dari tulang sulbi, yaitu tulang belakang laki-laki dan tulang dada perempuan, yaitu tulang rusuk perempuan. Penemuan ini selaras dengan yang diberitakan Allah dalam Al-Qur’an dalam surat Ath-Thariq. Dia berfirman;

فَلْيَنْظُرِ الإنْسَانُ مِمَّ خُلِقَ. خُلِقَ مِنْ مَاءٍ دَافِقٍ. يَخْرُجُ مِنْ بَيْنِ الصُّلْبِ وَالتَّرَائِبِ

“Maka hendaklah manusia memperhatikan dari apakah dia diciptakan? Dia diciptakan dari air yang dipancarkan, yang keluar dari antara tulang sulbi laki-laki dan tulang dada perempuan” ( Ath-Thariq: 5-7)

About these ads

12 Tanggapan

  1. Saya dokter dan saya seorang Muslim, terjemahan dan tafsiran anda salah. mohon dihapus saja. memberi ruang untuk orang kafir mendebat anda dan anda pasti kalah. alasannya, pertama, karena anda salah tafsir anda pasti kalah, kedua karena anda tidak mengerti ilmu kedokteran anda pasti kalah.
    Padahal kesalahan anda bukan kesalahan al-Quran. tapi orang yg baru mengenal Islam akan beranggapan seolah2 yg salah adalah al-Quran. Jadi mohon dihapus saja atau diganti denga tafsiran yang benar. Anda belajar lagi dan lakukan penelitian yang mendalam. bukan hanya katanya. Karena banyak muslim yg punya semangat untuk menolong Islam tapi tidak punya ilmu dan kemampuan, sehingga malah makin menjauhkan kita dari kebenaran dan kebenaran

  2. Ralat:
    Saya dokter dan saya seorang Muslim, terjemahan dan tafsiran anda salah. mohon dihapus saja. memberi ruang untuk orang kafir mendebat anda dan anda pasti kalah. alasannya, pertama, karena anda salah tafsir anda pasti kalah, kedua karena anda tidak mengerti ilmu kedokteran anda pasti kalah.
    Padahal kesalahan anda bukan kesalahan al-Quran. tapi orang yg baru mengenal Islam akan beranggapan seolah2 yg salah adalah al-Quran. Jadi mohon dihapus saja atau diganti denga tafsiran yang benar. Anda belajar lagi dan lakukan penelitian yang mendalam tentang hal tersebut, bukan hanya mampu memberi argumen “katanya…” . Sesungguhnya, banyak muslim yg punya semangat untuk menolong Islam tapi tidak punya ilmu dan kemampuan, sehingga malah makin menjauhkan kita dari kebenaran dan kemenangan

    • >selagalas: Anda itu yang nggak bisa mencerna alqur’an yang sudah jelas, atau anda tidak bisa menerima kebenaran Al qur’an yang dapat mengalahkan teori kedokteran. Ayat diatas sudah jelas kok bahasanya. Anda benar2 seorang muslim?

      • sesama muslim itu bersaudara, sebaik-baik sikap adalah sabar, Alqur’an benar-benar firman Allah, yang terpenting adalah iqro (baca) dan pahami bukan saling mencela, mari kita cari tahu apa makna ayat tersebut :)

  3. Nah. Sekarang tugas anda menjelaskan hal itu. Biar semakin jelas dan jelas.. Tentu sangat bermanfaat..

  4. Apa sebenarnya rahsia serta keajaiban tulang sulbi sehingga tulang ini disebut oleh Rasulullah s.a.w sejak 14 abad dahulu?..Mengikut istilah anatomi, tulang sulbi dikenali sebagai Coccyx. Ia merupakan tulang yang terakhir dalam susunan dari atas ke bawah tulang vertebra (tulang belakang) yang terletak dibahagian pinggul.

    Daripada Abu Hurairah r.a bahawa Rasululah s.a.w bersabda yang bermaksud: “Semua bahagian tubuh anak Adam akan dimakan tanah, kecuali tulang sulbi yang daripadanya ia diciptakan dan daripadanya dia akan dibangkitkan.” (riwayat An-Nasa’i, Abu Daud dam Ibnu Majah)

    Berdasarkan hadith di atas dapat disimpulkan bahawa:
    1. Bermulanya kejadian manusia adalah daripada tulang sulbi.
    2. Tulang sulbi begitu utuh dan tidak akan hancur.
    3. Manusia akan dibangkitkan semula pada hari kiamat daripada tulang sulbi.

    Kejadian manusia daripada tulang sulbi
    Ovum yang disenyawakan oleh sperma dinamakan zigot. Kemudian pembentukan janin bermula iaitu daripada 1 sel, ia membelah menjadi 2 sel dan setiap sel masing2 membelah lagi dan lagi. Struktur yang mula2 dibentuk pada janin manusia pada hari ke 14 selepas persenyawaan ialah hujung ekor. Semasa proses pembentukan janin yang sempurna, hujung ekor ini terus memanjang dan menjadi benang asas (primitive streak) dan lingkungan asas (notochord).

    Kemudian, notochord akan membentuk kepala janin manakala primitive streak akan membentuk tubuh janin. Setelah ia membentuk badan dan kepala janin, pita pita asas ini akan berundur secara beransur-ansur hingga ia masuk semula ke hujung ekor (coccyx).

    Tulang sulbi tidak akan hancur
    Seorang saintis Jerman bernama Hans Spermann berjaya membuktikan bahawa sel-sel di dalam coccyx tidak akan hancur atau musnah. Dalam kajian yang dilakukan, beliau telah mengisar tulang coccyx hingga hancur dan memanaskannya dengan suhu yang amat panas dalam tempoh masa yang lama. Beliau kemudian memeriksa sel-sel tulang tersebut dan dan ternyata ia masih lagi hidup dan masih utuh seperti biasa.

    Maha suci Allah..begitu agung ciptaan-Nya. Jadi ini bermakna, meskipun jasad seseorang telah meninggal dunia, tetapi sel-sel dalam tulang coccyx kekal hidup walau di mana sekalipun dia dikebumikan meskipun telah beribu-ribu tahun lamanya.

    Manusia dibangkitkan semula pada hari kiamat dengan tulang sulbi
    Dalam AL-Qur’an ada menceritakan tentang kebangkitan manusia pada hari kiamat.
    Firman Allah yang bermaksud “Engkau memasukkan malam ke dalam siang, dan Engkau memasukkan siamg ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup daripada yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati daripada yang hidup” (surah Ali I’mran 3:27).

    Maka jasad-jasad akan ditumbuhkan buat kali ke dua daripada hujung ekor seperti mana ia telah tumbuh buat kali pertama di dalam rahim ibu.

    Hans Spermann berjaya membuktikan keupayaan sel-sel tulang coccyx untuk tumbuh semula. Beliau telah memasukkan tulang-tulang sulbi yang telah dikisar dan dibakar tadi ke dalam embrio-embrio lain. Hasilnya, tulang sulbi tersebut tetap dapat tumbuh dan membentuk paksi janin yang lain.

    Begitulah serba sedikit info berkaitan tulng sulbi yang dapat saya kongsikan bersumberkan rencana dari ruangan Fizikr dari Dr. Farhan Hadi Mohd Taib Majalah SOLUSI isu 19.

  5. ada guru persilatan mengatakan air tulang sulbi ini jika di naikan hingga ke tengkok insyallah akan dpt merasa keistimewaan yg luar biasa
    tp dengan izin allah swt :p

  6. antara tulang sulbi dan tulan dada itu maksudnya rongga perut bagian kanan….jgn sembarangan menafsirkan al-qur’an…itu majazi….

  7. Sayang referensinya minim sekali. Ada juga yg mentafsirkan ayat di atas sebagai dua hal yang berlawanan.

    “Ini berkenaan dengan dua hal yang berlawanan. Makna harfiah dari shulb adalah ‘keras, kaku, sulit’, dan juga berarti ‘pinggang’ dan ‘punggung’. Kata tara’ib berarti ‘tulang dada, iga’, dan berasal dari kata kerja tariba yang berarti ‘berdebu, tertutup debu’. Dari kata tersebut juga muncul tarib (sezaman, setara, sesuai, sebanding). Manusia lahir dari pertemuan antara dua hal berlawanan, yang satu padat dan yang lain cair.”

  8. sebenarnya ada 2 (dua) istilah dalam ayat tersebut, yakni: i) sulbi dan ii) taraaib. bisa jadi dr kedua tulang ini ‘mengalir’ air yang menjadikan sperma pada lelaki dan ovum pada perempuan. semoga ada intelektualitas dibidang medis Muslim yang berkenan mengkaji masalah ini, Insya Allah

  9. ALQURAN BENER TERJEMAHANNYA YG SALAH…. SY GA NGERTI BAHASA ARAB TP KR2 ARTINTA ITU BUKAN

    ” DARI TULANG SULBI DAN DADA”

    melainkan

    “diantara tulang belakang dan tulang dada”

    N SAPA YG BILANG AIR YG MEMANCAR ITU MANI JGN SK SLH MENAFSIRKAN TAR DIKETAWAIN SM YG NON MUSLIM KELIATAN BEGO… MALU TAU…. EMANG ADA TULANG YG MEMANCARKAN AIR KELUAR… TULANG UCOK SINAGA KALI LGI KENCING ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: