Gunung yang Bergerak

Allah telah mengabarkan RasulNya, Muhammad SAW bahwa gunung begerak seperti awan, dan Allah berbicara kepada RasulNya dalam ayat ini. Allah SWT berfirman:

وَتَرَى الْجِبَالَ تَحْسَبُهَا جَامِدَةً وَهِيَ تَمُرُّ مَرَّ السَّحَابِ صُنْعَ اللَّهِ الَّذِي أَتْقَنَ كُلَّ شَيْءٍ إِنَّهُ خَبِيرٌ بِمَا تَفْعَلُونَ


“Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. ” (An-Naml : 88)

Ayat ini mengisyaratkan pada proses perputaran bumi di sekitar poros matahari, karena gunung adalah bagian dari bumi. Maka apabila gunung bergerak seperti jalannya awan, maka seolah-olah bumilah yang berputar, sedangkan awan bergerak kurang lebih seperti kecepatan bumi. Ayat-ayat ini mengisyaratkan pada perputaran bumi. Ayat-ayat ini datang dalam bentuk yang tidak mengejutkan bangsa Arab pada masa turunnya Al-Qur’an. Sejak 14 abad lalu, akal tidak akan percaya bila Anda katakan bahwa bumi berputar. Dia akan bertanya, “Bagaimana hal itu terjadi padahal saya berdiri di atasnya?!” Al-Qur’an memalingkan pandangan manusia sesuai dengan kadar tingkat pengetahuan mereka. Para ilmuwan menyebutkan bahwa bumi berputar pada porosnya dalam jangka waktu satu hari satu malam, dan berputar mengelilingi matahari dalam jangka waktu satu tahun.

4 Tanggapan

  1. subhanallah

  2. asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    mohon maaf meluruskan.

    Ayat ini sungguh bukti dari keagungan Allah, subhanallah jauh sebelum manusia mengenal geologi, Allah sudah menjelaskan bagaimana sesungguhnya Gunung-gunung itu bergerak seperti awan, pusat inti bumi yang selalu aktif membuat lempeng bumi bergerak, antar lempeng bertemu sehingga beberapa akibat dari evolusinya menghasilkan getaran yaitu gempa dahsyat, itu jawaban ayat ini, dan oleh para ahli diprediksi pada waktunya nanti beberapa benua menyatu menyadi daratan yang sangat luas, peta bumi tak lagi sama, itulah keagungan Allah subhanallah.

    wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

  3. Wa’alaykumsalam warahmatullahi wabarakatuhu

    terima kasih atas kabar lanjutnya..

  4. Subhanallah…
    Astaghfirullah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: